Jumat, 08 Juli 2022

Tips Cara Untuk Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mudah

Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha sekarang lebih mudah. Apa pun kebutuhan Anda untuk membuka atau mengembangkan bisnis, dapat dipenuhi dengan berbagai cara.

Biasanya ketika Anda terjebak dalam masalah uang untuk modal, solusinya adalah pinjaman atau hutang. Tujuan pertama meminjam uang dari bank.



Inilah cara mengantongi modal bisnis yang ditargetkan oleh banyak pengusaha:

1. Kredit tanpa jaminan (KTA)

Salah satu produk pinjaman bank yang dapat digunakan sebagai modal bisnis, adalah pinjaman tanpa jaminan (KTA).

Seperti namanya, pengajuan KTA tidak perlu jaminan atau jaminan. Ada KTA yang membutuhkan calon debitur untuk memiliki kartu kredit, beberapa tidak.

Plafon pinjaman KTA hingga Rp 500 juta. Sayangnya meskipun tenor pinjaman agak panjang, suku bunga yang ditawarkan tinggi. Mulai dari 0,59% per bulan, hingga 2% per bulan dan datar atau tetap.

Selain itu, ada biaya penalti sekitar 5-6% dari sisa hutang jika Anda membuahkan hasil sebelum jatuh tempo. Jadi Anda harus memikirkannya sebelum akhirnya mengajukan pinjaman KTA sebagai modal.

2. Kredit multiguna (KMG)

Pinjaman bank lain yang diminati oleh pengusaha untuk membuka atau mengembangkan bisnis mereka adalah pinjaman multiguna atau KMG.

Kebalikan dari KTA, pinjaman KMG sebenarnya harus menyertakan jaminan atau jaminan, seperti sertifikat tanah atau rumah, sepeda motor atau mobil BPKB, bahkan dengan keputusan kepegawaian.

Langit -langit pinjaman KMG sangat besar. Dapat mencapai miliaran rupiah, tergantung pada perkiraan harga barang yang dijamin yang disediakan. Tenor yang panjang bisa hingga 20 tahun.

3. Pinjaman Koperasi

Koperasi adalah alternatif untuk meminjam selain pengusaha. Umumnya Penghematan dan Koperasi Pinjaman (KSP).

Meminjam uang dalam koperasi, bunga lebih rendah dari bunga kredit bank. Yang lebih menguntungkan jika Anda menjadi anggota koperasi, Anda bisa mendapatkan hasil bisnis yang tersisa (SHU) yang dapat mengurangi bunga pinjaman.

Pastikan koperasi di mana Anda meminjam uang aman, tepercaya. Dalam arti tertentu, secara resmi terdaftar di Kementerian Koperasi dan UKM. Karena pada saat ini banyak koperasi Bodong menjanjikan keuntungan yang tidak wajar untuk menarik pelanggan.

4. Kredit Modal Kerja (KMK)

Kredit Modal Kerja (KMK) juga termasuk pinjaman bank. Fasilitas kredit untuk membiayai operasi bisnis, termasuk kebutuhan untuk pengadaan bahan baku, proses produksi, piutang, dan inventaris.

Langit -langit pinjaman mulai dari jutaan hingga miliaran rupiah. Meskipun ada 12 bulan, bahkan 36 bulan.

5. Modal dari Pemerintah
Pemerintah memiliki Program Kredit Bisnis Rakyat (KUR). Pinjaman ini disubsidi oleh bunga oleh pemerintah, sehingga perusahaan mikro, kecil dan menengah (UMKM) bisa mendapatkan suku bunga yang sangat murah.

Ada kuro mikro dari pemerintah yang disalurkan melalui bank. Suku bunga ditetapkan 6% per tahun dengan batas kredit hingga Rp 50 juta per debitur.

6. Modal Bersama

Jika Anda tidak menginginkan utang, cara untuk mendapatkan modal adalah dengan membangun usaha patungan atau usaha patungan (JV). Misalnya Anda ingin membuka bisnis, undang teman Anda untuk menjadi mitra.

Tidak hanya persatuan ide, tetapi juga usaha patungan modal. Persentase dapat masing -masing 50%atau 30%: 70%, menurut perjanjian tersebut.

7. Modal Dari Suplayer

Modal dari suplayer bukanlah modal uang. Lebih banyak barang. Jadi misalnya, Anda ingin membuka bisnis bisnis online.

Tapi tidak punya uang. Cara Anda bisa menjadi pengecer. Ambil barang dari pemasok, lalu Anda menjualnya. Jadi tidak perlu menghabiskan uang untuk modal.

Anda dapat menjual barang dengan harga lebih tinggi dari pemasok. Keuntungannya akan menjadi keuntungan Anda.

Setiap barang yang dijual disimpan ke pemasok. Kemudian ambil barang lagi, jadi model bisnis. Ini bukan karena uang, bahkan mendapatkan uang.

8. Modal dari Fintech Akseleran

Akseleran adalah peer-to-peer lending platform di Indonesia yang menghubungkan UKM yang membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan usaha dengan kumpulan pemberi pinjaman yang memiliki dana lebih untuk mendanai pinjaman tersebut. p2p lending adalah sebuah metode pinjaman yang menghubungkan langsung individu yang membutuhkan dana pinjaman dengan orang lain yang menyediakan pinjaman tersebut.

Load disqus comments

0 komentar